Posted by



Kami bermeditasi pada Ganesha yang adalah perwujudan suara kosmis OM. OMKARA dalam wujud yang sebenarnya.
          Pada Bab XIII Sri Ganesha Puranam, Trimurti yang maha suci - Brahma, Visnu dan Siva, memuji kejayaan Ganesa dalam stotram berikut:

1.    AJAM NIRVIKALPAM NIRAKARAMEKAM NIRANANDAM ADVAITAM ANANDAPURNANAM
PAKAM NIRGUNAM NIRVISESAM NIRIHAM
PARABRAHMA RUPAM GANESAM BHAJEMA
Penghormatan pada Ganesa yang tak terlahirkan yang  dan mati, yang tak berwujud, Satu tanpa ada yang kedua.Perlambangan berkah,yang tertinggi diantara yang tertinggi,melampaui maya dan tiga sifat guna,abadi dan selalu damai.Pada  Ganesa yang suci,kami memujamu.

2.    GUNATITAM ADYAM CIDANANDA RUPAM
CIDABHASAKAM SARVAGAM JNANAGAMYAM
MUNIDHYEYAM AKASARUPAM RESAM
PARABRAHMA RUPAM GANESAM BHAJEMA
Kami memuja Ganesa yang melampaui tri guna,Makhluk Suci,yang wujudnya adalah kesadaran murni ,yang bersinar dengan pikiran yang suci,yang menyerpa dan disadari melalui pengetahuan suci.Para Rsi bermeditasi pada-Nya sebagai langit yang luas.pada Ganesa,dewa yang transcendental,kami memberikan hormat.

3.    JAGAT KARANAM KARANAJNANA RUPAM
SURADIM SUKHADIM YUGADIM GANESAM
JAGADVYAPANAM VISVA VANDYAM SURESAM
PARABRAHMA RUPAM GANESAM BHAJEMA
Kami memberikan salam hormat pada Ganesa, yang adalah pencipta,penjaga dan penghancur jagat-raya.  Ia adalah penyebab dari semua penyebab Ia adalaha sumber dari  kebahagiaan dan pencipta semua bidadari,zaman,yuga.Ia adalah penguasa para gana,makhluk hidup;Ia adalah prinsip yang menyerap dalam segalanya, dipuja dan dipuji oleh semua,Dewa yang suci.pada Dewa yang transcendental kami memberikan penghormatan.

4.    RAJO YOGATO BRAHMA RUPAM SRUTIJNAM
SADA KARYASAKTAM HRDACINTYA RUPAM
JAGATKARAKAM SARVA VIDYA NIDHANAM
PARABRAHMA RUPAM GANESAM NATASMAH
Dengan memiliki raja guna-kemampuan mencipta-Ia mengambil wujud sebagai Brahma; Ia adalah penguasa Weda. Dengan mengambil wujud Visnu,Ia melindungi dunia.  Ia tidak mampu dipikirkan dan sumber dari segala kebijaksanaan; Ia adalah Siva. Pada Ganesa yang transendental, kami memberikan hormat.


5.    SADA SATTVAYOGAM MUDA KRIDAMANAM
SURARIN HARANTAM JAGATPALAYANTAM
ANEKAVATARM NIJAJNANAHARAM
SADA VISNU RUPAM GANESAM NAMAMAHA
Penghormatan pada Ganesa yang memiliki sifat yang tenang yang disebut dengan sattva guna dan wujud Visnu. Menghancurkan para raksasa, Dewa Visnu menegakkan dharma untuk melindungi jagat-raya. Demi tujuan ini ia mengambil wujud sebagai avatara atau inkarnasi yang berbeda dan menghilangkan menyingkap tabir kebodohan dari para pemujanya. Pada Ganesa yang adalah Visnu, kami memberikan penghormatan kami.

6.    TAMO YOGINAM RUDRA RUPAM TRINETRAM
JAGADDHARAKAM TARAKAM JNANA HETUM
ANEKAGAMAISVAM JANAM BODHAYANTAM
SADA SIVA RUPAM GANESHAM NAMAMAHA
Kami memuja Ganesa yang memiliki tamo guna dan bernama Rudra (Siva) untuk menghancurkan kebodohan jiwa-jiwa yang ada. Oleh karna itu dewa dengan tiga mata ini adalah saksi kesadaran yang memberikan pengetahuan mulia yang akan membawa jiwa-jiwa ke seberang lautan kelahiran kembali. Pada Ganesa, yang adalah Siva sendiri, kami memberikan penghormatan.

7.    TAMASTHOMAHARAM JANAJNANAHARAM
TRAYI VEDASARAM PARABRAHMAM PARAM
MUNIJNANAKARAM VIDURE VIKARAM
SADDA BRAHMA RUPAM GANESAM NAMAMAHA
Penghormatan pada Ganesa yang adalah Brahman dan penghancur kebodohan para pemujanya. Ia adalah makna dari semua kebijkasanaan Weda. Ia memperlihatkan Keberanian pada orang suci dan para rsi yang memuja-Nya. Pada Ganesa, Brahman yang murni kami memberikan penghormatan

8.    NIJAIROSADHI TARPAYANTAM KARAUGHAIH
SUROUGHAN KALABHIHI SUDHASRAVINIBHIHI
DINESAMSI SANTAPAHARAM DVIJESAM
SASANKA SVARUPAM GANESAM NAMAMAH
Penghormatan pada Ganesa, yang mengambil wujud bulan dan menjaga seluruh tumbuhan. Melalui sinarnya yang memberi kehidupan , Ia memberikan kebahagiaan bagi para penghuni surga dengan memeberikan sinar matahari. Pada Ganesa, raja dari kerajaan tumbuhan, kami memberikan penghormatan

9.    PRAKASA SVARUPAM NABHO-VAYA RUPAM
VIKARADI HETUM KALAKALA BHUTAM
ANEKA KRIYANEKA SAKTI-SVARUPAM
SADA SAKTI RUPAM GANESAM NAMAMAH
Penghormatan pada Ganesa yang adalah prinsip penerangan.Ia adalah langit,angin dan sumber penciptaan untuk menjalankan tugas yang berbeda, ia mengambil wujud yang berbeda dan melakukan tugasnya dengan sempurna .lalah yang kami puja

10. PRADHANA  SVARUPAM MAHATATTVA RUPAM
DHARAVARI RUPAM DIGISADI RUPAM
ASAT SATSVARUPAM JAGAD HETUBHUTAM
SADA VISVA-RUPAM GANESAM NATAHASMAH
Penghormatan pada Ganesa yang adalah energi penciptaan,kecerdasan kosmis,bumi,air dan juga dewa pelindung.Ia nampak sebagai zat dan energi yang tetap da di jagat-raya. Pada Ganesa dalam wujud kosmisnya kami memberikan hormat.

11. TVADIYE MANAHA STHAPAYED ANGHRIYUGME
JANO VIGHNA SANGHANNA PIDAM LABHET
LASAT SURYABIMBE VISALE STHITOYAM
JANO DHVANTA BADHAM KATHAM VA LABHET
Wahai Ganesa, orang-orang harus selalu ingat untuk selalu bersujud di kaki padmamu. Maka mereka tidak akan pernah menemui halangan. Bagaimana mungkin ada kesedihan jika mentari masih bersinar? Bagaimana cara masalah menghalangi mereka yang memujamu?

12. VAYAM BHRAMITAS SARVATHA JNANA-YOGAT
ALABDHASTAVANGHRIM BAHUN VARSA PUGAN
EDANIMAVAPTAH TAVAIVA PRASADAT
PRAPANNAN SADA PAHI VISVAMBHARADYA
Ditenggelamkan oleh kebodohan, tanpa melihat kaki padmamu sekian lama, kami berduka. Karena berkahmu kami mendapatkan darsanmu dan merasa diberkahi! Wahai Ganesa, penyangga jagat-raya, berkahilah kami, lindungilah kami dan lindungilah semua orang. Salam hormat kami.

Ganesa sangat berkenan dengan doa ini dan menyebut orang-orang yang berdosa ini sebagai STHAVA-RAJA yang berarti Raja semua pendoa. Ia juga memberkahi nyanyian suci ini dan berkata “siapapun yang menyanyikan lagu ini setiap hari pada pagi hari,pada siang hari dan pada malam hari, Aku akan memberkahinya dengan harta melimpah, keluarga yang baik, anak-anak yang baik dan kebahagiaan disini dan di alam sana. Jiwanya akan mencapai Kerajaan abadiku di surga“.

SHRI ANANTADAMAR GANACHAKRA


Blog, Updated at: Desember 30, 2018

0 komentar:

Posting Komentar

Mutiara Sai

Postingan Populer