Belajar dari Kapu kapu - Mahasanti Puja 2019


SOMA
Belajar dari Kapu kapu



Kapu kapu atau apu apu atau pistia crispata bulme adalah sejenis tumbuhan air yang senantiasa mengambang diatas permukaan air. Tidak ada yang istimewa dari tumbuhan ini dari segi penampilannya, namun sangat berguna sebagai pembersih air dan untuk bahan pakan ternak terutama bebek. 

Kenapa bebek? Karena bebek termasuk dalam golongan hewan penurut, disiplin dan bersih. Bebek senantiasa memilih dan memilah makanannya, yang baik dan berguna bagi tubuhnya. Sebuah prilaku bijak yang patut ditiru agar kita menjadi penurut kepada prinsip-prinsip Veda, disiplin dan tentunya bersih baik untuk diri sendiri maupun lingkungan.

Kenapa kapu kapu? Karena kapu kapu senantiasa berada di atas, mau airnya penuh, mau airnya sedikit, walaupun airnya habis kapu kapu tetap menonjolkan dirinya diatas lumpur sampai kemudian mati diatas lumpur kering karena kehabisan air. Kapu kapu tidak pernah terkotori atau tercemari oleh keruh dan kotornya air, bahkan kapu kapu akan membersihkan dan menjernihkan air yang ada disekitarannya.

Demikianlah kami di Veda Poshana Ashram, kami senantiasa berusaha untuk selalu diatas dalam hal pelayanan/seva kepada sesama, apapun dan bagaimanapun kondisi kami, baik dalam kondisi banyak uang maupun krisis, baik sedang senang maupun susah, baik sedang dalam lilitan masalah berat maupun dalam kondisi tenang Bahagia, kami tetap melayani, kami tetap berkarya sepenuh hati, sampai waktunya ditentukan oleh Tuhan bagi kami untuk kering dan kembali kepadaNya.
Kami tidak terpengaruh dengan riuh rendahnya kasa kisi berita miring ataupun prasangka negatif diluaran, kami tidak perduli dengan segala cibiran, kami tidak goyah dengan segala penolakan, kami tidak luntur oleh segala ketidak benaran.
Kami tetap berjalan diatas, memberikan pelayanan terbaik yang kami bisa, sebisa mungkin kami akan menjernihkan segala keruhnya situasi dan kondisi sekitar.
Kami tetap berjalan dengan dada membusung (penuh semangat dan kekuatan) sembari kepala tertunduk (penuh kerendahan hati) dalam segala situasi baik jernih maupun keruh, sehingga kami tetap bisa berjalan dengan baik tanpa terpengaruh olehnya. Kami juga senantiasa berusaha memberikan pelayanan teratas, baik dalam kondisi air penuh (kemakmuran, kebahagiaan, ketenangan), dalam kondisi air rendah (krisis, kesusahan), dalam kondisi banjir (cobaan, halangan) maupun dalam kondisi hampir kering (cobaan terberat), kami tetap berjuang sampai harinya kembali kepada Tuhan.

Prinsip hidup kapu kapu ini senantiasa membuat kami tetap bisa bersyukur dan berbuat sebaik yang bisa kami usahakan dengan segala keterbatasan yang dimiliki.

Jaya Veda Poshana Ashram……………
Download Buku Mahasanti Puja XI

< halaman sebelumnya                                                               halaman berikutnya>

Blog, Updated at: Desember 10, 2019

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Buku VPA

Harga Rp 100.000 Harga Rp 50.000

Pemesanan silahkan KLIK DISINI
Bank BNI No 0864571776 an VPA Cabang Lombok

vedaposhana.ashram@gmail.com


  


TRI SANDHYA




https://www.ichintb.or.id/p/blog-page_56.html

Pusat Belajar Sansekerta

Bahasa Sansekerta adalah Bahasa Weda sebagai sumber dari segala sumber ilmu. Sebagai Umat Hindu sudah saatnya mengetahui dan memahami isi Kitab Suci Weda dengan belajar Bahasa Sansekerta
Ayo Belajar Bahasa Sansekerta