87 Tahun Homa Yadnya di Lombok - Mahasanti Puja 2019


ANGGARA
Mahāśānti-Pūjā

Pada tahun 1932 pernah diadakan Upacara Besar Agnihotra / Homa Yajnya di Lombok Barat, dengan tujuan untuk membersihkan / menyucikan negeri dan mendamaikan alam Nusantara, demikian disebutkan dalam Buku “TOVENARIJ OP BALI MAGISCHE TEKENINGEN” (Ilmu Mistik Bali, Karya Ilmuwan Belanda C. Hooykaas).
Jadi, Upacara Agnihotra Maha Shanti Puja ke XI tahun 2019 ini adalah merupakan peristiwa pengulangan sejarah penting Pulau Lombok 87 tahun silam.

Mahasanti Puja rutin dilaksanakan sejak tahun 2011, terakhir dilaksanakan  pada tahun 2018 di Pura Besakih. Mahasanti Puja yang ke-11 tahun 2019 dilaksanakan di Pura Wana Giri - Prako, Desa Suranadi, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 12 – 25 Desember 2019 dan merupakan yang pertama kali dilaksanakan di luar Bali. Bentuk kegiatannya adalah doa bersama akhir tahun dengan Homa Yadnya/Agnihotra. Agnihotra adalah upacara Vedic / Vedic ritual, bukan milik aliran atau kelompok tertentu. Agnihotra merupakan puncak segala kegiatan Upacara dengan kata lain Agnihotra atau Homa Yadnya adalah merupakan yadnya paling utama/ tingkatan tertinggi menurut Weda. Upacara ini amat sederhana namun memiliki makna, kekuatan dan manfaat yang sangat luar biasa. Upacara ini telah lama dilupakan oleh umat Hindu di nusantara sehingga sering dikait kaitkan dengan aliran tertentu.
Mahasanti Puja ini diinisiasi oleh Veda Poshana Ashram, yang telah memiliki 27 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.
Veda Poshana Ashram adalah merupakan Ashram modern berbasis Teknologi Informasi, dimana segala kegiatannya dalam melestarikan Tradisi Weda senantiasa diabadikan dalam dokumen berbasis Teknologi Informasi. Veda Poshana Ashram senantiasa memegang teguh komitmen pada ajaran Veda dengan kesederhanaan dan kesetaraan sebagai dasar pijaknya.
Berbagai kegiatan dan artikel-artikel Veda dari Veda Poshana Ashram bisa diakses dalam platform berikut ini:

1.    Website   : www. vedaposhana-ashram.org
2.    Facebook : Veda Poshana Ashram
3.    Youtube   : Veda Poshana Ashram

Veda Poshana Ashram merangkul segala perbedaan dalam kasih dan pelayanan tulus kepada sesama, senantiasa berjalan menyesuaikan diri dengan setiap perkembangan jaman, tidak kaku pada satu tradisi, tidak kaku pada satu cara, tidak kaku pada satu cabang ilmu pengetahuan, karena sejatinya Veda itu adalah ilmu pengetahuan yang maha luas dengan cabang-cabang yang tak pernah bisa dihitung dengan pasti jumlahnya, dimana yang pasti hanyalah bahwa Veda itu abadi adanya. Didalam keabadian itulah Veda Poshana Ashram berperan, berperan sebagai salah satu Pewaris diantara banyak pewaris Ilmu Pengetahuan Veda nan luas tanpa batas.
Atas maha luasnya lautan Ilmu Pengetahuan Veda itulah yang membuat sang ego tertunduk rendah, menghapuskan segala kecongkakan, menghancurkan segala kesombongan dalam menyalahkan cara dan kepercayaan orang lain, memandang semua ciptaan adalah sama dalam perbedaan. Hanya dengan merendahkan ego sajalah, aliran gravitasi Amertha nan suci akan mampu mengalir dan menyentuh hati kita yang terdalam.

Download Buku Mahasanti Puja XI

halaman sebelumnya                                                               halaman berikutnya>

Blog, Updated at: Desember 10, 2019

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Buku VPA

Harga Rp 100.000 Harga Rp 50.000

Pemesanan silahkan KLIK DISINI
Bank BNI No 0864571776 an VPA Cabang Lombok

vedaposhana.ashram@gmail.com


  


TRI SANDHYA




https://www.ichintb.or.id/p/blog-page_56.html

Pusat Belajar Sansekerta

Bahasa Sansekerta adalah Bahasa Weda sebagai sumber dari segala sumber ilmu. Sebagai Umat Hindu sudah saatnya mengetahui dan memahami isi Kitab Suci Weda dengan belajar Bahasa Sansekerta
Ayo Belajar Bahasa Sansekerta