Profil Tokoh Ida Pandita Nabe Acharya Agni Yogananda

Posted by



IDA PANDITA NABE ACHARYA AGNI YOGANANDA
Dharma Adhyaksa Veda Poshana Ashram

Sebagai Dharma Adhyaksa Sabha Pandita Veda Poshana Ashram Pusat...Ida Pandita Nabe Acharya Agni Yogananda (nama walaka Putu Alit Bagiasna ) adalah aktivis mahasiwa, pemuda hindu , LSM, cendikiawan hindu dll dari tahun 1977 dan sekarang aktif di Veda Poshana Ashram dan PHDI Pusat sebagai Wakil Dharma Adhyaksa Bidang Organisasi, Hukum dan Ham.

Lahir di kota Semarapura Klungkung pada tanggal 17 September 1956, anak kelima dari sembilan saudara dari pasangan Nyoman Negara dan Nyoman Sayang. Sejak remaja senang menolong orang miskin dan melayani serta membela sulingih/krama dari berbagai ketidak adilan dan atau kurang manusiawi seperti memperjuangkan kesetaraan sulingih dari tri sadhaka dikembangkan menjadi sarwa sadhaka, turut merancang bhisama catur warna , sarwa sadhaka, dana punia dan diksa dvijati dll.
Sebagai Pimpinan VPA Pusat (Ketua Pembina Yayasan) dan cabang serta komponen hindu, turut serta sebagai pendiri Dewan Pasraman Indonesia, World Hindu Parisad, Majelis Ketahanan Krama Bali, dll.

Sebagai pengurus VPA banyak melaksanakan kerjasama dgn PHDI Bali dan Pusat, IHDN , Forum Penyadaran Dharma , Pusat Kajian Hindu , Agama Budha, lintas agama, dll.
Disamping sebagai pendiri Yayasan Bali Homa Yajnya yang dikemudian hari menjelma menjadi Veda Boshana Ashram, pernah menjabat sebagai Ketua Yayasan, Ketua Umum VPA Pusat dan sekarang di Yayasan VPA duduk sebagai Ketua dewan Pembina dan di VPA Pusat sebagai Ketua Dharma Adhyaksa Sabha Pandita.
Sejak tahun 1985 turut serta berjuang bersama Ida Nabe Pedanda Sebali Tyanyar Arimbawa didalam penegakan kebenaran, keadilan, kemanusiaan secara damai dan selalau terintegrasi dengan misi VPA, terintegarasi dengan lintas agama/kepercayaan, khususnya dalam hal Hindu Mardava, dimana kesederhanaan dalam berprilaku dan upacara yadnya paling dikedepankan



Blog, Updated at: Desember 10, 2018

0 komentar:

Posting Komentar

Mutiara Sai

Postingan Populer