Samskertam Sibhiram - Mahasanti Puja 2019

Posted by



Rangkaian Mahasanti Puja XI Tahun 2019 adalah Samskrtam Sibhiram yaitu pembelajaran Bahasa Sansekerta yang diikuti oleh sekitar 140 siswa dari 14 Pesraman yang tersebar di wilayah Kabupaten Lombok Barat. Kegiatan dilaksanakan selama 10 hari, setiap hari pembelajaran dilaksanakan selama 120 menit.

Samskertam Sibhiram dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Vedaposhana Ashram, Pandita Agni Acharya Yogananda. Dalam pengantarnya beliau menyampaikan bahwa belajar Bahasa sansekerta tidak sulit, apalagi dimuali dari usia dini. Sebagai umat Hindu wajib mengerti Bahasa Sansekerta, karena mantram-mantram yang digunakan dalam pemujaan semua berbahasa Sansekerta. 

Sebagai pemberi materi adalah Ni Wayan Suartini dan Ni Ketut Julianita dari Yayasan Dviipaantarasamskertam Bali. Menurut Suartini karena peserta adalah pemula maka materi yang disampaikan adalah bahasa-bahasa dasar yang dikenal lingkungan. Metoda yang digunakan juga dengan komunikasi langsung. Selama proses pembelajaran hanya menggunakan Bahasa Sansekerta. Menurut pengalaman bahwa metoda ini cukup efektif, karena peserta bisa dengan mudah menyesuaikan diri dan dalam waktu yang singkat akan bisa berkomunikasi dengan Bahasa Sansekerta.
Ni Wayan Suartini dan Ni Ketut Julianita



Selama pembelajaran tidak ada kegiatan mencatat, peserta cukup mendengarkan, mencoba dan mencoba.

Kegiatan ini sangat menarik perhatian peserta yang sebagian besar siswa dari Sekolah Dasar sampai Sekolah menengah Atas.

Diarea Pura Wanagiri Prako, dalam suasana yang sejuk dan damai mereka bersenda gurau menikmati istilah-istilah dalam Bahasan Sansekerta







Blog, Updated at: Desember 17, 2019

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Buku VPA

Harga Rp 100.000 Harga Rp 50.000

Pemesanan silahkan KLIK DISINI
Bank BNI No 0864571776 an VPA Cabang Lombok

vedaposhana.ashram@gmail.com


  


TRI SANDHYA




https://www.ichintb.or.id/p/blog-page_56.html

Pusat Belajar Sansekerta

Bahasa Sansekerta adalah Bahasa Weda sebagai sumber dari segala sumber ilmu. Sebagai Umat Hindu sudah saatnya mengetahui dan memahami isi Kitab Suci Weda dengan belajar Bahasa Sansekerta
Ayo Belajar Bahasa Sansekerta