Penutupan Mahasanti Puja XI 2019

Posted by


Setelah melalui perjalanan waktu sekitar sepuluh hari maka kegiatan mahasanti Puja XI Tahun 2019 berakhir pada hari Rabu, 25 Desember 2019

Acara penutupan Mahasanti Puja dilaksanakan dengan menampilkan demontrasi hasil Samskrta Sibhiram, pelepasan balon dan burung dara/merpati sebanyak 11 (sebelas) ekor. Balon melambangkan rasa bahagia/gembira atas berhasilnya pelaksanaan Mahasanti Puja yang pertamakali dilaksanakan di Lombok. Sedangkan burung merpati/burung dara melambangkan kesetiaan, diharapkan kita semua setia untuk menepati janji dalam melaksanakan ajaran Weda, demikian penjelasan Shrii Braja Ganachakra ,mewakili Ketua Vedaposhana Ashram Lombok.

Pedanda Gde Jelantik Dwijaputra juga tidak henti-hentinya menghimbau generasi muda , khususnya di Dusun Prako untuk memanfaatkan moment yang langka dan luar biasa ini agar mampu mengembangkan diri dan terus belajar Bahasa Sansekerta. Jaman saya sekolah dulu, tidak ada pelajaran seperti ini, maka mulai sekarang ayo kita belajar Kitab Suci Weda dengan benar, demikian lanjut beliau.

Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia lombok Barat, I Wayan Sembah pada sambutannya mengatakan bahwa Samskrta Sibhiram ini yang pertama di Lombok, maka merupakan kesempatan luar biasa bagi peserta yang telah mengikuti kegiatan ini hingga akhir. Wayan Sembah berharap Samskrta Sibhiram tidak hanya sampai disini, diharapkan kegiatan ini isa berlanjut untuk tahap berikutnya, serta diharapkan agar Pasraman-pasraman yang lain bisa mendapat kesempatan yang sama, bila perlu di kemudian hari ada di antara peserta bisa melanjutkan studi hingga ke India.

Yang menarik pada kegiatan ini adalah demontarsi para peserta , anak-anak yang hanya diberikan waktu 10 (sepuluh ) hari dengan durasi 2-3 jam perhari sudah mampu menampilkan ketrampiilan mereka berbahasa Sansekerta. Ada yang bercakap, ada pula yang berdialog.
Ternyata peserta Samskerta Sibhiram tidak hanya anak-anak Pasraman, ada pula orang dewasa, bahkan Pandita , seperti Pandita Anjadi , Pandita Damar Shri dan Bunda Meitha juga ikut sebagai peserta yang serius. Beliau-beliau ini juga mendemontrasikan keahliannya. Luar Biasa.

Sukses Mahasanti Puja XI 2019, semoga damai, damai dan damai selamanya.

Koleksi lengkap foto dan video Penutupan Mahasnti Puja XI 2019 klik DISINI











Blog, Updated at: Desember 25, 2019

0 komentar:

Posting Komentar

Mutiara Sai

Postingan Populer