Arti dan Manfaat ‘’Rudraksa’’

Posted by

 


oleh : Acharya Rishi Sadhu Giriramananda

REALITASNYA, masih banyak juga warga, bakta, margi,  termasuk  shadaka tidak tahu dan  mengerti dengan gamblang  apa makna  dan manfaat  substantif  Rudraksa itu.  Keberadaan  Rudraksa itu sesungguhnya sangat luhur dan mulia bagi kita. Rudraksa ini  merupakan berkah bagi segenap umat manusia. Rudraksa  benar benar  Shiva alias Rudra sendiri. Pohon ini baru tumbuh setelah Shiva  melakukan tapa  ekstra  keras selama 1000 tahun deva. Karena kasih Shiva tak terbatas kepada umat manusia, air mata Rudra itu kemudian  menetes dan jatuh ke bumi. Dan selanjutkan air mata itu tumbuh menjadi   pohon Rudraksa.  

Rudraksa  itu  dibungkus kulit buah berwarna biru. Setelah dikupas dan dibersihkan maka Rudraksa itu menjadi indah dipergunakan  bhakta Shiva. Bukan saja   dipakai   kalung nan indah, juga  gelang, anting, yadnyopavitam, sabuk, tas, cincin, pengikat rambut, bahkan  melengkapi,  Bhawa untuk  Sulinggih.  Penggunaan Rudraksa itu tentu sangat diberkati pada siapa saja  yang  memuliakannya. Dari berbagai segi, Rudraksa itu, menjadi media efektif, dan bermanfaat sekali ketika seseorang mengafirmasi dan melakukan  pemujaan kepada  Shiva. 

Sesungguhnya, banyak manfaat alias keuntungan  baik  duniawi –spiritual, juga   skala lan  niskala seseorang  menggunakan Rudraksa ini. Kenyataanya masih banyak yang apriori dan skeptis soal rudraksa ini.    Hal itu boleh-boleh dan sah sah saja bagi manusia  yang memiliki kehendak bebas. Tetapi  idealnya,  jangan avidya (kebodohan) itu dipelihara dan diberikan berlama lama mengintevensi pikiran. Sehingga implikasinya menciptakan  kerugian, kalau enggan disebut ‘’meracuni’’  diri sendiri. 

Sambutlah berkah Rudraksa itu. Melalui upaya bakti yang tulus, diyakini secara   gradual –bertahap – tetapi pasti  sradha (keimanan) itu akan terus meningkat kesadarannya. Semua maklum,   beragama  itu sesungguhnya dipengaruhi  emosi psykologis. Aspek rasa lah yang lebih dominan pada   domain  sradha –keimanan -, itu bukan unsur  logika, nalar, hal yang   masuk akal  apalagi kalkulasi duniawi lainnya yang sangat kental muatan kebodohannya.

Kiranya , tepat contoh kesigapan seseorang dalam mengapresiasi buah  mangga atau durian. Ketika menghadapi dua buah itu, memang  tidak perlu diperbincangkan dari mana, bagaimana, dan persepsi logika lainnya. Apalagi  dibahas tampilan fisik, casing dari buah itu. Idealnya,  segera lah bertindak –action -, belahlah, kupaslah, maka niscaya  dengan cara mecicipi lebih  dulu, maka akan tahu sendiri apa  manfaat dan rasa uenak dari mangga atau durian itu.  

 Jika belum ada kemauan memakai, niat mencicipi,  lalu .. buru buru memberi stereotif,  perspektif  miring dan kontra  produktif,  tidaklah justifikasi itu merefleksikan seorang yang  bijaksana , dalam  kedudukan, keberadaan  manusia sejati. 

Bisa dibayangkan,  ini mungkin tidak masuk akal.  seekor  ‘’anjing’’ sekalipun  jika  menggunakan  “Rudraksa’’ di dahinya, maka binatang  itu akan mencapai  moksah,  setelah meninggalkan badan wadagnya. Kesimpulannya, betapa,luar biasa, berkah  pengunaan Rudraksa itu. 

Seseorang yang meninggal memakai Rudraksa, maka  ia mencapai alam Rudra dan mencapai moksah. 

Ketika shadaka mamakai  abu suci dan Rudraksa, dia  mencapai alam shiva.

Shadaka mencapai jutaan berkah bila  menggunakan rudraksa di dahi. Mendapatkan berkah  10 juta manakala  menggunakan di telinga, dan 100 juta leher serta berjuta juta jika menggunakan di crown mahkota. 

Memakai rudraksa sebagai janyopaveeta , --benang suci – di badan  mendapat anugerah satu juta, sedangkan  berjuta juta berkahnya bila menggunakan di tangan. 

Seseorang menggunakan Rudraksa dengan mutiara, coral, quarts, shappire, peran dan emas mereka menjadi shiva. 

Mendapatkan berkah  jutaan ketika melihat saja  Rudraksa, 100 juta  jika menyentuhnya dan berjuta juta manakala  seorang shadaka shiva  memakainya. 

Seseorang yang menggunakan Rudraksa, tidak boleh minum minuman keras, bawang merah dan bawang putih serta daging. 

Jika memakai 1000 Rudraksa mendapatkan respek, salut  dan apresiasi luar biasa dari Dewa dewa sendiri. Dan dia  sendiri menjadi Rudra. 

Seorang Pertapa, Sanyasin  baiknya menggunakan omkara, om om om ketika memuja Shiva.

Seseorang  yang menggunakan Rudraksa, segala mukhi dari satu sampai empat belas,  equel alias sama dengan Shiva sendiri. 

Memakai  Rudraksa mukhi 14, dia memiliki kekuatan /power seperti Shiva sendiri. Dia mendapat kehormatan, didekati para Dewa dengan apresiasi dan berkah  luar biasa. Dia dikatakan lahir dari mata Shiva. Semua penyakitnya diobati,  mendapat kemuliaan dan selalu sehat.


Rudraksa dan Muki Satu-Empat belas

Dijelaskan, Keunggulan  Rudraksa dari mukhi satu hingga empat belas.

  1. ‘’mukhi satu’’, dapat mewujudkan impian Parattatwa (kesadaran kosmik tertinggi) . Dia sungguh sungguh Shiva,   hidup seperti  Shiva sendiri. Diberkati kebahagian duniawi bahkan salvation (moksah) Keberuntungan selalu menyertai, Semua keinginannya terpenuhi. 
  2. ‘’mukhi dua’’ menjadi shiva-parwati alias Ardhenariswari. Jika memakainya diberkati shiva. Dia Isa sendiri. Dipenuhi  segala keinginannya. 
  3. ‘’Mukhi tiga’’  mendapat berkah Agni, Diberkati tiga api, juga memperoleh  kesenangan/kebahagiaan. 
  4. ‘’Mukhi empat’’  merepresentasikan Brahma. Diberkahi Brahma.
  5. ‘’Mukhi lima’’ Pancabrahma dan juga Shiva yang disebut  Kalagni, dan menghilangkah dosa dosa melakukan pembunuhan. Mendapat pengampunan main sex dengan wanita yang tidak patut dan diampuni dari makan makanan non vegetarian.  
  6. ’Mukhi enam’’, Kartikeya,  mendapat berkah ketenaran. Baiknya digunakan di pergelangan tangan kanan. 
  7. ‘’Mukhi Tujuh’’ Saptarishi dan Laksmi, mencapai ketenaran dan kesejahteraan
  8. ‘’Mukhi Delapan’’  Vasu, gangga dan Ganesha. Baik digunakan seorang jenderal angkatan darat. Bagus dipakai mewujudkan Moksah. Disebut Vasumurti/Bhairava . Setelah meninggal, dia berhak  menggunakan trident,/trisula dari Shiva. 
  9. ‘’Mukhi Sembilan’’,  Dewa Yama, juga Bhairawi sendiri, bagus digunakan di tangan kanan,  Baik mewujudkan moksah, jika memakainya dapat menambah keberanian setara  Bhairawi,  diberkati sembilan sakti (Dewi Durga). Ia jadi Maheswari  dan  Sarvesvara. 
  10. ‘’Mukhi  Sepuluh’’  Asa-Deva , jika memakainya mencapai ketenangan bhatin. Lepas dari efek planet, kekuatan jahat, menghindari ular, Tuhan Janardhana sendiri. Akan terpenuhi semua keinginannya. 
  11. '’Mukhi Sebelas’’ adalah  Rudra sendiri, mendapatkan keuntungan keuntungan dari Shiva.  Dapat kejayaan berada di mana saja. 
  12. ‘’Mukhi duabelas’’ adalah  Mahawisnu, dan juga merepresentasikan Aditya alias Surya sendiri. Jika digunakan di kepala maka 12 Aditya akan hadir. 
  13. ‘’Mukhi tigabelas’’  diberkati Kamadeva, terpenuhi segala keinginan dan mencapai segala siddhi. Dia mendapatkan berkah dan keuntungan-keuntungan diluar perkiraanya. 
  14. ‘’Mukhi empatbelas’’   adalah Rudra sendiri, mata Shiva sendiri, dengan menggunakannya  dapat menyembuhkan semua penyakit dan memunuhi semua keinginan. Yang sangat penting diberkahi  Moksah.  Dia adalah Srikanta sendiri, Membimbing Moksah  satu generasi. Jika digunakan di  dahi dengan penuh kebaktian,  menghilangkah dosa-dosa. 


Mantra-Mantra  

Mukhi Satu , om om Drisam namah  

Mukhi Dua , om om namah 

Mukhi Tiga Om om namah  

Mukhi Empat , om hreem namah  

Mukhi Lima, om hum namah 

Mukhi Enam,  om Hum namah 

Mukhi Tujuh,  Om Hum namah  

Mukhi delapan,  om sah hum namah

Mukhi Sembilan, om hum namah

Mukhi Sepuluh , om Hreem namah

Mukhi Sebelas, Om Sreem namah

Mukhi Duabelas, om Hum Hreem namah (Leo, Sagitarius, )

Mukhi Tigabelas, om Ksam Chaum Namah

Mukhi Empatbelas Om namo namah

 Mantra-Mantra Versi Singkatnya  

Mukhi Satu , Om Hrim  

Mukhi Dua , Om 

Mukhi Tiga Om Klim  

Mukhi Empat , Om Hrim  

Mukhi Lima, Om Hrim  

Mukhi Enam,  Om Hrim 

Mukhi Tujuh,  Om Hum  

Mukhi delapan,  Om Hum 

Mukhi Sembilan, Om Hrim 

Mukhi Sepuluh , Om Hrim 

Mukhi Sebelas, Om Hrim Hum 

Mukhi Duabelas, Om Kraum Ksaum , Raum 

Mukhi Tigabelas, Om Hrim 

Mukhi Empatbelas Om 

 

Sodiak  

Mukhi Satu , Leo 

Mukhi Dua , Cancer. Scorpio,

Mukhi Tiga, Aries, Cancer, Leo. Visces 

Mukhi Empat , Taurus, Gemini, Virgo, 

Mukhi Lima, Aries, Scorpio, Sagitarius, Pieces 

Mukhi Enam,  Gemini, Virgo, Capricornus, Aquarius,

Mukhi Tujuh,  Taurus, Capricornus, Aguarius  

Mukhi Delapan...,  Mukhi Sembilan...., Mukhi Sepuluh ...., 

Mukhi Sebelas, 

Mukhi Duabelas, Leo, Sagitarius, 

Mukhi Tigabelas, 

Mukhi Empatbelas



Acharya Rishi Sadhu Giriramananda


Blog, Updated at: Oktober 05, 2020

0 komentar:

Posting Komentar

Postingan Populer

Buku VPA

Harga Rp 100.000 Harga Rp 50.000

Pemesanan silahkan KLIK DISINI
Bank BNI No 0864571776 an VPA Cabang Lombok

vedaposhana.ashram@gmail.com


  


TRI SANDHYA




https://www.ichintb.or.id/p/blog-page_56.html

Pusat Belajar Sansekerta

Bahasa Sansekerta adalah Bahasa Weda sebagai sumber dari segala sumber ilmu. Sebagai Umat Hindu sudah saatnya mengetahui dan memahami isi Kitab Suci Weda dengan belajar Bahasa Sansekerta
Ayo Belajar Bahasa Sansekerta