Sehari Berbahasa Sanskerta

Posted by




Yayasan Dvipantara Samskrtam kembali menyelenggarakan kegiatan Sehari Berbahasa Sanskerta (Ekadinatmakah Vargah) bertempat di Kita Community Celuk Sukawati, Minggu 7 April 2019.
Kegiatan tahunan ini diikuti 35 peserta yang terdiri atas pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga, wira usaha, ASN, guru dan dosen yang diisi dengan yoga asanas, pembacaan kitab suci Bhagavad Gita, permainan sanskerta/ kridati dan pedalaman bahasa Sanskerta.

Ketua Yayasan Dvipantara Samskrtam, Ach Agni Premadas mengutarakan kegiatan ini diselenggarakan sebagai persiapan  Pelatihan 10 hari Calon Guru Sanskerta (Siksakah Prasiksana Vargah) yang akan diadakan 17 s.d. 26 Juni 2019 mendatang.
Kegiatan ini dimaksudkan sebagai penghormatan kepada Sanskerta sebagai Bahasa Ibu yg telah mewariskan nilai-nilai luhur pada budaya dan sastra bangsa-bangsa di dunia termasuk Nusantara.
Di samping itu memberikan kesempatan pembelajaran lanjutan kepada para peserta Samskrtam Saptahikamelanam (Pembelajaran Mingguan Sanskerta) dan Yugaphat Samskrtam Shibiram (Pembelajaran Sanskerta serentak selama 10 hari).
Menurutnya semua program dan kegiatan Yayasan Dvipantara Samskrtam tidak hanya terkait dengan bahasa semata, tetapi juga mendalami bidang sosial budaya, kemanusiaan dan pendidikan nilai-nilai kemanusiaan (human Values) serta karakter.

Sementara Pembina Yayasan Dvipantara Samskrtam Acharya Made Suyasa mengungkapkan kuetamaan belajar Sanskerta adalah akan menjadi muara pencarian tentang hakikat kebenaran yang bisa dipelajari dan diakses oleh setiap orang, dan juga oleh siapa saja tanpa memandang golongan dan profesi. 
Cakupan sastra Sanskerta mencakup puisi yang memiliki sebuah tradisi yang kaya, drama, juga teks-teks ilmiah, teknis serta filsafat kehidupan.

Harapan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan (stakeholders) lainnya adalah agar bisa memberikan pengayoman, dukungan dan motivasi agar setiap program dan kegiatan Yayasan Dvipantara Samskrtam nantinya bisa lebih berkualitas dan berkelanjutan dalam pembangunan budaya dan mental bangsa melalui bahasa dan sastra Sansekrta
(premadas)







Blog, Updated at: April 09, 2019

0 komentar:

Posting Komentar

Mutiara Sai

Postingan Populer