Konferensi Dunia Sansekerta 2019 di New Delhi

Posted by


Konferensi Sanskerta se-dunia dilaksanakan dari  9 s.d 11 Nov 2019 di Chattarpur Jandewala Matta Mandir New Delhi diikuti tidak kurang 27 negara, spr Jerman, China, Kenya, Singapura, Indonesia, US, Kanada, Uni Emirat Arab, Dubai, Oman, Myanmar dan India sebagai tuan rumah.
Kegiatan ini dhadiri oleh Menteri Luar Negeri dan Menteri Dalam Negeri India serta diikuti oleh 4.250 orang delegasi dari masing-masing negara.

Pembahasan dalam konferensi meliputi: perkembangan pembelajaran sanskerta di masing-masing negara, sistem dukungan terhadap pengembangan sanskerta, aneka pertunjukkan sanskerta, pameran sanskerta dari seluruh negara peserta.

Peserta konferensi menginap di Ashram dan Villa Cahttarpur yang berdekatan dengan Chattarpur Jandewala Matta Mandir New tempat konferensi.
Suasana kekeluargaan begitu kental tampak antar peserta.

Subhasiitam, aksara devanagari dan bahasa sanskerta mendominasi selama pelaksanaan acara ini. Delegasi Indonenesia yg diwakili oleh 12 orang pengurus dan guru sanskerta menggunakan pakaian khas budaya nusantara dan menjadi perhatian bagi peserta lainnya. 
Permintaan foto bersama dan selfie dari peserta konferensi lainnya menjadikan Delegasi Indonesia dengan busana nusantara sebagai salah satu delegasi yg paling diapresiasi.

Begitu juga permintaan wawancara kepada Indonesia sebagai narawicara radio dan tv setempat.
Tradisi makan bersama masakan vegetarian dengan duduk di lantai serta dilayani oleh  para karyakartah (sevadal) sanskerta sungguh sangat mengesankan.

Disiplin yang diterapkan tidak terkecuali tatacara penempatan sandal peserta di tempat yg telah ditentukan merupakan nilai-nilai yg ditanamkan pada setiap pertemuan sanskerta.
Stand-stand pameran yg memuat berbagai buku dan hasil karya sanskerta membuka wawasan peserta betapa sanskerta tidak hanya sekadar bahasa tetapi ia merupakan sebuah peradaban.

Jayatu Samskrta
Jayatu Dvipantara
Jayatu Sanathana Dharma

Pandita Agni Rishi Premadasa








Blog, Updated at: November 11, 2019

1 komentar:

  1. sarvam uttamam asti...Mahodayah
    Samayah asti cet
    krpaya punah Citraani ,Calanacitraani ca api atra presayatu danyavadah🙏🙏🙏

    BalasHapus

Postingan Populer

Buku VPA

Harga Rp 100.000 Harga Rp 50.000

Pemesanan silahkan KLIK DISINI
Bank BNI No 0864571776 an VPA Cabang Lombok

vedaposhana.ashram@gmail.com


  


TRI SANDHYA




https://www.ichintb.or.id/p/blog-page_56.html

Pusat Belajar Sansekerta

Bahasa Sansekerta adalah Bahasa Weda sebagai sumber dari segala sumber ilmu. Sebagai Umat Hindu sudah saatnya mengetahui dan memahami isi Kitab Suci Weda dengan belajar Bahasa Sansekerta
Ayo Belajar Bahasa Sansekerta