Total Surrender - Bhakti Yoga

Posted by

  
oleh: Ida Pandita Agni Acharya Rishi Sadhu Giriramananda



Om namah shiva ya, har har Mahadewa ya.
Sebuah inspirasi dari  Bhagawad Gita Bab XI Sloka 53-55

Nahan vedair na tapasa
Na danena na cejyaya
Sakya evam vidho drastum
Drstavan asi mam yatha 

“Tetapi tak dapat Aku terlihat  dalam bentuk yang Arjuna telah saksikan, walaupun dengan mempelajari Veda veda, berpuasa, dengan pemberian pemberian sedekah atau pengorbanan pengorbanan” (BG XI - 53) 

Bhaktya tv ananyaya sakya
Aham evam vidho’rjuna
Jnatum drastum ca tattvena
Prabestum ca paramtapa 

“Tetapi hanya dengan Kesetian kepada Ku semata, dedikasi dengan  - total surrender - penyerahan diri total - tak terpecah pecah, maka intisari Ku  akan diketahui bahkan  masuk  ke dalam Ku, oh Arjuna” (BG XI-54) 

Mat karma krn mat paramo
Mad bhatah sanga varjitah
Nirvairah sarva bhutesu
Yah sa mam eti Pandava 

“Seseorang yang bekerja untukKu, yang menjadikan Diriku sebagai tujuan suci dan agung. Ia  selalu disiplin dalam memujaKu, lepas dari pamerih , melepaskan keterikatan dunia, selalu berbuat baik penuh kasih sayang kepada sesama, maka dipastikan bakta,shadaka   tersebut datang kepada Ku oh Arjuna” (BG XI-55)

Sri Shankara Acharya, seorang swami terbaik Hindu menegaskan BG XI-55 ini merupakan intisari dari seluruh Bhagawad  Gita itu. Maka senantiasalah disiplin , selalu berdedikasi dengan kosentrasi tinggi,  terpusat seluruhnya kepada Hyang Widhi. Beliaulah selalu dijadikan tujuan suci, agung tertinggi dan utama.  Cintai semuanya   tanpa diskriminasi , bantulah sesama makluk di dunia ini. Jangan sekali kali menyakiti hati orang  lain. Mengusik makluk lain baik yang tak berdosa maupun berdosa tanpa alasan pasti dan dapat dipertanggungjawabkan kepada-Nya. Kalau ingin mengetahui hakekat keberadaan, kemurnian dan kesucian Brahman/ Krishna/ Paramashiva,  maka  sejatinya  kunci yang harus diikthiarkan itu sangat sederhana. Hanya  lakukan dedikasi dan kesetian total surrender  secara  tulus, kepada Tuhan semata. Tat asthu Om Kham Brah Esa Brahmistitah


Blog, Updated at: Oktober 15, 2019

Postingan Populer

Buku VPA

Harga Rp 100.000 Harga Rp 50.000

Pemesanan silahkan KLIK DISINI
Bank BNI No 0864571776 an VPA Cabang Lombok

Cari Blog Ini


vedaposhana.ashram@gmail.com


  


TRI SANDHYA




https://www.ichintb.or.id/p/blog-page_56.html

Pusat Belajar Sansekerta

Bahasa Sansekerta adalah Bahasa Weda sebagai sumber dari segala sumber ilmu. Sebagai Umat Hindu sudah saatnya mengetahui dan memahami isi Kitab Suci Weda dengan belajar Bahasa Sansekerta
Ayo Belajar Bahasa Sansekerta